Wednesday, November 19, 2014

SNOORKLING

Ke mall, belanja, ke tempat hiburan, ke museum, ke taman bermain, wisata kuliner, bosen banget! Mau yang lebih seru? Liburan di air. Berenang? Selam? Berlayar? Bukan. Namanya snorkeling. Apa itu snorkeling???
Berikut adalah wawancara pada beberapa narasumber tentang snorkeling:
Andre D. K
1. Snorkeling adalah berenang di tengah laut 
2. Perasaan saya? Saya sangat senang! Baru pertama kali saya berenag langsung sama ikan kecil yang lucu lucu ada yang warnanya merah, kuning, hijau, di laut yang biru. Pokoknya asik
3. Saya senorkling di kepulauan seribu tepatnya di pulau Tidung. 

Harry Farhat
Snorkeling mungkin istilah umumnya kita kenal dengan selam permukaan. Jadi snorkeling adalah aktivitas di perairan untuk melihat keindahan bawah laut dengan peralatran selam dasar seperti fin, masker & snorkel, biasanya juga snorkeling ini hanya pada kedalaman 2-5 meter, lebih dalam dari itu nanti ada yang namanya diving. Snorkeling ini sekarang sudah menjadi gaya hidup buat masyarakat banyak, terutama kaula muda. Kalau di Tanya perasaan nya pasti tentunya senang, karena snorkeling & diving kita bisa melihat keindahan surga di bawah laut. Sejauh ini saya snorkeling baru sekitar pulau pramuka di kepulauan seribu, di Tamana bawah laut Pangandaran, Bintang Samudra, Kendari, Sulawesi Tenggara dan terakhir belum lama ini di Sulawesi Selatan.

Annisa T. W
Snorkeling itu kegiatan, hiburan, yang langsung menyatu dengan laut. Sama seperti diving. Rasanya di hati bikin tanang melihat terumbu karang, ikan-ikan, dan isinya yang masih asri banget. Saya snorkeling di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung, dan Pulau Pari
Ridho Zul Fakhri
Snorkeling itu olahraga yang memakai alat snorkel. Bisa di bilang juga skin dive. Terakhir snorkeling di pantai Samudra Biru, Kendari itu baru sekali lihat coral dan ikan-ikannya masih banyak. Coralnya juga. Pokoknya unfogotable moment

Arti sesungguhnya snorkeling berdasarkan Wikipedia adalah  Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving),  kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernapas melalui snorkel. Penyelam bisa mengambil napas dalam-dalam sebelum menyelam ke bawah air. Penyelam scuba menggunakan snorkel untuk menghemat udara di dalam tabung sewaktu berenang di permukaan air.

Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur.

Selain menguasai cara bernapas dengan mulut melalui snorkel, kegiatan snorkeling tidak memerlukan pendidikan khusus. Pemula yang belum pernah melakukan snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu selam. Cara mengenakan masker, snorkel, dan kaki katak bisa dipelajari dari pemandu selam, toko selam, atau tempat penyewaan alat selam di pinggir pantai. Walaupun demikian, seperti halnya selam scuba, kegiatan snorkeling tidak untuk dilakukan seorang diri, melainkan bersama teman atau secara berkelompok.

Snorkeling adalah kegiatan rekreasi air yang populer, terutama di resor pantai tropis dan lokasi selam scuba yang dangkal. Penyelam bisa mengamati beraneka ragam flora dan fauna bawah laut, seperti: terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang, dan penyu. Selain itu, snorkeling juga dilakukan orang di danau air tawar atau sungai.
Jika kalian ingin snorkeling tidak perlu bingung. Kini banyak jasa untuk liburan snorkeling. Paket harganya mulai dari 400.000-2.000.000 rupiah. Harga tergantung jumlah orang dan fasilitas yang di dapat. Indonesia adalah Negara yang terdiri dari 70% laut dan 30% darat jadi begitu banyak tempat untuk snorkeling. Anda tertarik? Ayo snorkeling!

No comments:

Post a Comment