Thursday, June 19, 2014

semakin canggih hp, semakin bego

gue mau cerita tentang pengalaman gue.
gue mulai punya hp kelas 5 SD. for the first time gue punya hp itu bisa di bilang tercanggih diantara temen-temen gue pada waktu itu. temen-temen gue masih monophonic bahkan belum punya hp. sedangkan gue udah ada kameranya. gue ngerasa beruntung banget lahir jadi anak mama papa gue.
revolusi berkembang. hp semakin canggih. begitupun dengan hp gue. bisa di bilang setahun sekali gue ganti hp. bahkan pernah setahun dua kali. waktu kelas 2 SMP gue turun tahta. hp gue yang bagus rusak, dan papa gue gamau beliin hp bagus lagi gegara rusak. sebelum-sebelumnya gue ganti hp karena bosen, bukan karena rusak. yaudah akhirnya gue pasrah di beliin hp Cina.
setelah gue menjalani hari-hari gue bersama hp Cina, gue kaget rapot gue bagus! for the first time gue rengking 5 besar coba dari kecil sekolah. terus yaudah aja gue simpulin semakin canggih hp, gue semakin bego. teorinya adalah ketika gue punya hp canggih, gue jadi males. males belajar, males bermain sama temen-temen. males bergaul. males perduli sama lingkungan sekitar. gue prefer spend my time with my smartphone. namanya smartphone, tapi malah bikin gue nggak smart.
(btw maaf ya bukan bearti gue merendahkan hp Cina)
menurut penelitian diri gue sendiri sih, apa yang udah gue rasain, ketika gue punya hp ga lebih canggih dari temen-temen gue, itu gue jadikan motivasi gimana caranya biar bisa punya hp kayak temen-temen gue yang canggih. maka dari itu pas hp gue ga lebih canggih dari temen-temen gue (meskipun hp gue termasuk golongan smartphone juga) gue akan berusaha keras supaya bisa punya hp canggih seperti mereka. belajar biar dapet nilai bagus, tunjukin ke ortu, terus ortu gue mau deh beliin gue hp bagus hehehe.

seharusnya smartphone di gunakan se-smart mungkin. kalo gue smartphone di pake buat gaul-gaulan. gue bikin semua sosmed yang lagi ngehits. ampe ga keitung apa aja akun sosmed yang gue punya. dari SMP ampe kuliah semester 2 masih aja ga berubah. tapi hari ini gue berubah hahaha
gue sih ga suka sama game. palingan game-game yang mikir aja. seperti tebak gambar, onet, who want to be milioner, tts, dan semacamnya. gue prefer chating. makanya gue suka main di sosmed.
kalo temen-temen gue tuh ya, gadgednya isinya game doang. alesan beli gadged juga untuk main game. beda sama gue, yang beli gadged buat sosmed atau selfie hahaha.

mau game atau sosmed, bisa jadi racun kalau diri lo ga bisa ngehandlenya. sebenrnya gadged atau smartphone bisa bikin kita semakin smart. tekhnologi di ciptakan dengan tujuan mempermudah apapun keseharian kita. tapi kebanyakan (contohnya gue) gak bisa memanfaatkannya dengan baik.
smartphone atau gadged malah bikin orang jadi males. bikin ansos (anti sosial). gue juga pernah baca, menurut psikolog semakin banyak teman di sosmed, semakin dikit teman di kehidupan nyata.

be a wise aja sih. bijak-bijak dalam menggunakan smartphone atau gadged. jangan sampai kita terjebak di dalam kemudahan dan kecanggihan.

mulai hari ini gue mau vakum sosmed. udah gue uninstall sosmed di gadged gue hahaha gue mau lebih sederhana aja. abisnya temen-temen gue yang mapres (mahasiswa berprestasi) sederhana banget. akun sosmed facebook sama twitter doang punyanya. twitter juga buat gaya-gayaan doang. gak pernah di mainin. semoga aja harapan gue terkabul. dengan vakum sosmed gue jadi lebih baik. jadi gak ansos lagi, gak bodoh lagi, gak males lagi. aminnnnnn


No comments:

Post a Comment